Membuat Node Baru Linode

Cara Membuat Node Linode Dan Konfigurasi Server

Komputer Tutorial
Membuat Node Baru Linode Dan Konfigurasi Server
Membuat Node Baru Linode Dan Konfigurasi Server

Linode merupakan perusahaan penyedia Virtual Private Server (VPS) milik Amerika yang berbasis di Galloway, New Jersey, Amerika Serikat. Bagi yang belum tahu mengenai VPS, VPS adalah sebuah komputer yang telah dirancang menggunakan teknologi virtualisasi untuk membagi hardware pada sebuah server fisik menjadi beberapa server virtual yang di hosting di infrastruktur fisik yang sama, Sehingga memungkinkan para pengguna layanan tersebut memiliki layaknya satu server yang tidak akan terganggu satu sama lainnya dengan pengguna lain.

Maka dari itu, jika kita ingin menggunakan layanan VPS, kita diharuskan mempunyai sebuah komputer/server entah itu milik sendiri ataupun menyewa pada penyedia layanan VPS, karena VPS ini keatas satu tingkat tipe dari hosting yang biasanya kita sewa untuk membangun sebuah situs web tentunya konfigurasi ini sedikit rumit bagi yang belum tahu cara menggunakannya.

Sebenarnya banyak penyedia layanan VPS, baik itu dari Indonesia maupun dari Luar, tapi kali ini saya akan membahas langkah awal cara mengkonfigurasi server setelah kita melakukan kontrak penyewaan VPS, karena ada teman dan mungkin yang lainnya masih bingung untuk melakukan apa setelah itu khususnya kali ini oleh layanan Linode, berikut adalah tutorialnya.

CARA MEMBUAT NODE LINODE BARU DAN KONFIGURASI SERVER

  1. Pertama kita tentunya harus login terlebih dahulu pada menu login dan klik Add a Linode di Linode.
  2. Setelah itu kita akan ditampilkan dengan pilihan beberapa paket serta letak server yang kita inginkan.
  3. Pada Linode yang telah dibuat silahkan klik Dashboard.
  4. Setelah masuk pada Dashboard klik Deploy an Image.
  5. Masukan konfigurasi dengan resource server sesuai paket yang kita pilih, memilih sistem operasi Linux atau Windows dalam hal ini silahkan gunakan seluruh resource server dan tidak lupa memasukan password “root” yang akan digunakan untuk diakses login melalui Putty melalui windows atau SSH Client lainnya.
  6. Setelah berhasil mengkonfigurasi server saatnya untuk klik Boot server tersebut.
  7. Setelah muncul tulisan Running, maka konfigurasi selesai dan server siap untuk dioperasikan melalu SSH Client atau Putty untuk Windows.

Atau lihat video tutorialnya dibawah ini:

CARA MENDAFTAR DI LINODE


Silahkan masukan alamat surel untuk mendapatkan informasi menarik dan terbaru lainnya.



Balasan